Lapar dan Mengantuk Bisa Menyebabkan Marah

Lapar dan Mengantuk Bisa Menyebabkan Marah

Kamu pernah tiba-tiba marah tanpa hal yang signifikan terjadi di sekitarmu? Bisa jadi kamu sedang lapar atau mengantuk. Itu memang sering terjadi pada setiap manusia. Ketika kamu mengantuk, maka kamu akan sangat mudah terganggu dengan banyak hal yang biasanya terhitung biasa-biasa saja, namun tiba-tiba menjadi sangat menjengkelkan. Hal ini adalah hal yang wajar, ketika seorang mengantuk maka dia ingin suasa di sampingnya kondusif sehingga dia bisa tertidur dengan nyaman. Begitu juga dengan rasa lapar. Seorang yang lapar menjadi tidak sabaran. Jika kamu sedang lapar atau ada temanmu yang lapar dan bawaannya marah, berilah dia makan. Sehabis makan dia akan menjadi manusia yang lebih sabar. Hal ini sangat wajar karena lapar dan mengantuk bisa menyebabkan marah.

Mengapa bisa begini yah? Ternyata ada alasannya loh mengapa orang yang lapar itu cenderung lebih gampang marah. Orang yang lapar sebenarnya dia sedang kehabisan glukosa. Glukosa tersebut memang untuk mengendalikan temperamen dan emosi negatif lainnya yang dikendalikan oleh otak. Selain itu, ketika lapar sebenarnya otak sedang kekurangan banyak zat asupan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah kadar oksigen. Ketika lapar, maka seseorang akan mudah mengalami mengantuk. Dan mengantuk inilah juga bisa menyebabkan kemarahan karena rasa tidak nyaman yang tidak terhindarkan ketika kamu mengantuk. Apalagi jika kombinasi mengantuk dan rasa lapar ini menjadi satu, tentu saja bisa membuatmu lebih mudah marah.

Lantas, bagaimana cara mengendalikan emosi terhadap orang lain ketika kamu sedang lapar dan mengantuk? Ketika kamu sedang lapar, usahakan cepat mencari makanan yang mengandung glukosa banyak, seperti jus jeruk yang manis, es cokelat, pisang, dan makanan manis lainnya. Saya pun jika lapar dan malas untuk makan makanan yang berat, kadang saya makan cokelat atau sekedar memakan permen. Jika kamu sedang mengalami ngantuk, kamu bisa mengatasinya dengan meminum banyak air. Setidaknya dengan meminum banyak air, kadar oksigen yang dibutuhkan oleh otak bisa terpenuhi.

Lalu jika ternyata tidak ada makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi? Kamu bisa dengan menarik napas dalam-dalam lalu menenangkan hati. Jangan dengarkan omongan miring orang lain. Kamu bisa melakukan istighfar untuk meredakan emosi dan menenangkan hatimu. Itulah cara untuk mengatasi kemarahan saat lapar dan mengantuk. Semoga artikel ini bermanfaat bagimu. Dan semoga kamu tidak marah lagi ketika kamu sedang lapar dan mengantuk.